KPU Tanjungpinang hapus data ribuan pemilih ganda

KPU Tanjungpinang hapus data ribuan pemilih ganda

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria (Antaranews Kepri/Aji Anugraha)

Sudah diperbaiki datanya, sudah mulai penghapusan data ganda. Kami berharap data pemilih bersih

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) – Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menghapus data lebih dari 4.000 pemilih sementara ganda.

Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, di Tanjungpinang, Senin, mengatakan, data pemilih ganda rata-rata disebabkan warga yang pindah tempat tinggal tidak melapor kepada petugas pencocokan dan penelitian.

“Sudah diperbaiki datanya, sudah mulai penghapusan data ganda. Kami berharap data pemilih bersih,” katanya.

Menurut dia, jumlah data pemilih ganda di Tanjungpinang relatif kecil. Sistem yang dibangun KPU RI pula telah berhasil mendeteksi identitas pemilih yang ganda.

“Jadi sistem yang dibangun sudah kuat,” ucapnya.

Robby mengingatkan warga yang pindah tempat tinggal agar melapor kepada RT, yang juga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Informasi tersebut penting disampaikan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses penetapan Dafta Pemilih Tetap (DPT).

“Sebagai warga yang baik, seharusnya lapor kepada RT saat mau pindah tempat tinggal. Di tempat tinggal yang baru juga lapor kepada RT,” ujarnya.

Ia kembali mengingatkan warga yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih, namun belum masuk DPS agar melaporkan dirinya kepada PPDP. Bahkan sekarang warga yang tidak sempat melihat DPS yang diumumkan di kantor kelurahan, dapat mengaksesnya melalui internet.

Baca juga: Daftar pemilih sementara Tanjungpinang 144.241 orang

“Kami beri kemudahan agar pemilih mendaftarkan dirinya sebagai pemilih. Dan jangan lupa menggunakan hak suara pada 27 Juni 2018 di tempat pemungutan suara,” tuturnya.

Robby mengemukakan sejak beberapa pekan lalu, KPU Tanjungpinang fokus menyosialisasikan pilkada kepada pemilih pemula. Jumlah pemilih baru di Tanjungpinang, yang terdiri dari pemilih yang baru akan menggunakan hak pilih di Tanjungpinang dan pemilih pemula mencapai 12 ribu orang.

“Kami sosialisasikan pilkada kepada pelajar SMA dan mahasiswa,” katanya. Baca juga: KPU tetapkan tiga dapil caleg Tanjungpinang 2019

Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Rusdianto Syafruddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *