ANTARA-Penyelenggara Pemilu dorong ciptakan pilkada damai

ANTARA-Penyelenggara Pemilu dorong ciptakan pilkada damai

ANTARA-Penyelenggara Pemilu dorong ciptakan pilkada damai

Kepala Biro Antara Kepulauan Riau, Evy Ratnawati (ujung kiri) dan Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Silalahi (kedua ujung kanan) foto bersama dalam kegiatan pilkada damai di Tanjungpinang. (Antaranews Kepri/Nikolas Panama)

Sekitar dua bulan lalu Antara juga menggelar Debat Pilkada di Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, yang pesertanya mahasiswa. Ini bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih dari kalangan pemilih pemula,

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) – Kantor berita resmi Indonesia, Antara dan KPU dan Bawaslu mendorong penyelenggaraan pilkada di Kota Tanjungpinang berjalan damai dan sukses.

Kepala Biro LKBN Antara Kepulauan Riau, Evy Ratnawati, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan, pers memiliki peran yang penting dalam menciptakan pilkada damai, tidak hanya melalui pemberitaan, melainkan juga pendidikan politik.

Karena itu, kata dia Antara berada dalam posisi yang strategis untuk ikut serta menciptakan pilkada damai, bermartabat, dan melahirkan pemimpin yang konstitusional.

“Sebagai aset negara, Antara tidak hanya memberi kontribusi dalam bentuk pemberitaan, melainkan juga kegiatan lainnya, seperti pendidikan politik dan penggalangan komitmen bersama untuk menciptakan pilkada damai,” katanya.

Baca juga: Isdianto minta pewarta siarkan berita yang kondusif

Kegiatan pilkada damai yang dilaksanakan hari ini diselenggarakan oleh LKBN Antara, yang didukung oleh KPU Tanjungpinang dan Bawaslu Tanjungpinang. Kegiatan ini melibatkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan pers, mahasiswa dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Masing-masing peserta dalam kegiatan itu akan menandatangani kesepakatan untuk menciptakan pilkada damai di Kota Gurindam ini. Penandatanganan dilakukan setelah masing-masing peserta memberi testimoni atau pernyataan singkat terkait pilkada damai.

Kepala Biro Antara Kepulauan Riau, Evy Ratnawati saat memberi kata sambutan dalam kegiatan pilkada damai di Tanjungpinang. (Antaranews Kepri/Nikolas Panama)

Deklarasi pilkada damai itu diharapkan memberi pendidikan politik kepada masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pilkada yakni dengan cara menggunakan hak suara sesuai dengan hati, tidak mudah terprovokasi, menggunakan media sosial secara bijak dan cermat, serta lawan politik uang dan kampanye negatif.

“Sore ini, kembali Antara menoreh sejarah dalam pilkada, ikut berperan aktif menyukseskan pilkada damai di kota tercinta ini,” kata dia.

Untuk meningkatkan tali silaturahim, kata dia, setelah deklarasi pilkada damai dilakukan buka puasa bersama.

“Sekitar dua bulan lalu Antara juga menggelar Debat Pilkada di Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, yang pesertanya mahasiswa. Ini bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih dari kalangan pemilih pemula,” kata Evy.

Baca juga: Antara-UMRAH gelar debat Pilkada Tanjungpinang

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Antara dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap pilkada.

Kontribusi Antara terhadap pilkada cukup besar, tidak hanya dalam pemberitaan, melainkan aksi dalam mewujudkan pilkada damai dan mendorong pemilih menggunakan hak suara.

“Kami memberi apresiasi kepada Antara yang menginisiasi kegiatan hari ini. Sangat positif,” jelasnya. (Antara)

Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Danna Tampi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *