JELANG PILKADA SERENTAK TAHUN 2020, KPU SE-PROVINSI KEPULAUAN RIAU ADAKAN RAPAT KOORDINASI PIMPINAN

JELANG PILKADA SERENTAK TAHUN 2020, KPU SE-PROVINSI KEPULAUAN RIAU ADAKAN RAPAT KOORDINASI PIMPINAN

Bertepatan di Hotel Haris Batam Centre (06/11/2019), KPU Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Rapat Koordinasi Pimpinan dengan mengumpulkan seluruh Anggota beserta Sekretaris KPU se-Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Serentak Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020. Sebagaimana diketahui bahwa dari 7 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan ada 6 Kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 serentak tanpa Kota Tanjungpinang yang dikarenakan Tanjungpinang sudah melaksanakan Pilkada Serentak pada tahun 2018, namun dalam hal ini, KPU Kota Tanjungpinang tetap sebagai penyelenggara ikut melaksanakan tahapan pemilihan pada Pilkada yang di selenggarakan oleh KPU Provinsi Kepulauan Riau pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang juga masuk pada jadwal Pilkada Serentak tahun 2020 bersamaan dengan 6 Kabupaten/Kota lainnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi Pimpinan Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Serentak Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020 ini, dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau Sriwati dan di dampingi oleh seluruh Anggota serta Sekretaris KPU Provinsi Kepulauan Riau. Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 6 sampai dengan 7 November 2019.

Pada acara tersebut, berkesempatan hadir juga Ketua beserta empat orang Anggota KPU Kota Tanjungpinang yang didampingi oleh Sekretaris KPU Kota Tanjungpinang

Sesuai susunan acara Rapat Koordinasi Pimpinan ini, ada beberapa narasumber yang berasal dari beberapa stake holder di Provinsi Kepulauan Riau disamping juga narasumber yang berasal dari KPU RI dan KPU Provinsi Kepulauan Riau.

KPU Provinsi Kepulauan Riau pada kesempatan ini, mengundang BAWASLU Provinsi Kepulauan Riau sebagai narasumber dengan materi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020. Selanjutnya Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau dengan materi Peningkatan Kapasitas Pengelola Keuangan Anggaran Pemilihan Serentak 2020. POLDA Kepulauan Riau juga berkesempatan memberikan materi terkait Peran Serta Kepolisian dalam pengamanan Pemilihan Serentak 2020. Kemudian Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Riau diberikan kesempatan sebagai narasumber dengan materi Fasilitasi Pemerintah Daerah dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Hadir juga dari Biro Keuangan KPU RI untuk meberikan materi tentang Pengelolaan Anggaran Dana Hibah Pemilihan Serentak Tahun 2020. Lalu Inspektorat KPU RI juga memberikan materinya terkait Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Selanjutnya dari KPU Provinsi Kepulauan Riau pada Divisi Hukum berkesempatan memberikan materi tentang Kesigapan Potensi dan Proses Sengketa Pemilihan Serentak 2020. Pada jadwal di susunan acara kegiatan untuk terakhir materi Sinkronisasi Tahapan Program Jadwal dan Anggaran Pemilihan Serentak 2020 akan disampaikan oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi Kepulauan Riau.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *