BERITA HOAX YANG MENGANCAM SISTEM POLITIK DI INDONESIA

BERITA HOAX YANG MENGANCAM SISTEM POLITIK DI INDONESIA

Oleh : Julie Haryanie
Mahasiswi program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Hoax adalah informasi atau berita yang tidak benar, hoax biasanya digunakan oleh seseorang mulai dari lelucon sampai satu hal yang serius seperti politik, berita tersebut digunakan sebagai alat untuk menghancurkan kesatuan. Berita hoax sekarang ini banyak disebarkan melalui media sosial seperti aplikasi-aplikasi chatting, instagram, facebook dan twitter. Para pengguna media sosial banyak yang menerima berita hoax, ada yang langsung mempercayai berita yang diterima tersebut, ada juga yang mencari tahu kebenaran berita tersebut. Di Indonesia masih banyak orang – orang yang menyebarkan berita hoax sampai saat ini.

Terkadang pemberitaan hoax seperti ini digunakan atau dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab atas dasar  ingin memiliki kekuasaan tertinggi atau untuk kepentingan pribadi dengan cara yang tidak sehat (kecurangan). Dengan adanya berita hoax ini dimanfaatkan oleh mereka untuk menjatuhkan lawan dengan mengadu domba, memecah belah persatuan rakyat dan lainnya. Sehingga, dengan berita hoax ini dapat menyebabkan permusuhan yang berkepanjangan (perpecahan) antar pihak satu dengan yang lain.

Berita hoax yang disebarkan tersebut dapat menyebabkan ancaman bagi sistem politik di Indonesia. Karena demokrasi yang dilandasi oleh berita hoax dapat mengakibatkan kehancuran di Negara tersebut. Biasanya isu berita hoax ini akan muncul ketika ada peristiwa penting, seperti salah satunya pada saat mendekati Pilkada, dengan cara menyebarkan kebohongan untuk memfitnah lawan politiknya. Kemudian berita hoax yang disebarkan mengandung isu – isu sensitive seperti, rasiolisme, ideologi, maupun unsur agama, padahal berita tersebut tidak memiliki fakta yang kuat, tetapi dapat memberikan efek berupa serangan atau penolakan terhadap kelompok lainnya, serta toleransi dan multikulturalisme di Indonesia melemah di terpa berita hoax.

Jika berita – berita hoax terus dibiarkan di Indonesia hal ini akan berdampak lebih buruk lagi terhadap demokrasi Indonesia dan akan mengakibatkan kecemasan serta dapat menjadi ancaman dalam sistem berpolitik. Seharusnya demokrasi ini menjadi ajang masyarakat untuk menciptakan suatu langkah baru untuk politik Indonesai kedepannya, tetapi dikarenakan ada kelompok yang tidak bertanggung jawab menjadikan demokrasi berpolitik ini menjadi sesuatu yang menghancurkan masyarakat Indonesia.

Untuk menjaga keutuhan sistem demokrasi di Indonesia, dibutuhkan peranan pemerintah dan masyarakat untuk bekerja sama melawan berita hoax ini agar dapat terhindar dari perpecahan atau keruntuhan suatu Negara. Terutama untuk pemerintah agar lebih dapat memperketat sistem berpolitik supaya tidak ada kecurangan – kecurangan yang dilakukan oleh kelompok terkait dalam suatu momen tersebut dan selalu menegakkan hukum demi kelancaran demokrasi di Indonesia. Dan untuk masyarakat agar lebih berhati – hati untuk menerima berita yang belum diketahui pasti faktanya, demi keutuhan Negara dan sistem demokrasi berpolitik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *